Rentang manajemen atau rentang kendali adalah
kemampuan manajer untuk melakukan koordinasi secara efektif yang
sebagian besar tergantung jumlah bawahan yang melapor kepadanya. Prinsip
rentang manajemen berkaitan dengan jumlah bawahan yang dapat
dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer. Bawahan yang terlalu
banyak kurang baik, demikian pula jumlah bawahan yang terlalu sedikit
juga kurang baik.
Istilah-istilah lain rentang manajemen:
1. span of control
2. Span of authority
3. Span of attention atau span of supervision
Hubungan rentang manajemen dan koordinasi:
”Semakin besar jumlah rentang, semakin sulit untuk mengoordinasi kegiatan-kegiatan bawahan secara efektif.”
Istilah-istilah lain rentang manajemen:
1. span of control
2. Span of authority
3. Span of attention atau span of supervision
Hubungan rentang manajemen dan koordinasi:
”Semakin besar jumlah rentang, semakin sulit untuk mengoordinasi kegiatan-kegiatan bawahan secara efektif.”
Prinsip rentang manajemen berkaitan dengan jumlah bawahan yang dapat dikendalikan secara efektif oleh seorang manajer. Pengertian
rentang manajemen dapat bermacam-macam ada yang mengatakan span of
control, span of authority, span of attention atau span of supervision,
Berapa
sebenaranya bawahan seorang manajer agar manajer dapat melaksanakan
tugasnya dengan efektif dan efisien. Disini belum ada ketentuan yang
pasti berapa seharusnya bawahan yang ada dalam tanggung jawabnya.
Bawahan yang terlalu banyak kurang baik, demikian pula jumlah bawahan
yang terlalu sedikit juga kurang baik. Ada dua alasan mengapa penentuan
rentang yang baik dan tepat. Pertama rentang
manajemen memperngaruhi penggunaan efisien dari manajer dan pelaksanaan
kerja efektif dari bawahan mereka. Kedua, adanya hubungan antara rentang
manajemen dengan struktur organisasi, dimana semakin sempit rentang
manajemen struktur organisasi akan berbentuk “tall” sedang rentang
manajemen yang melebar akan membentuk struktur organisasi “flat” yang
berarti tingkatan manajemen semakin sedikit.
Untuk
memilih suatu rentang manajemen, manajer harus mempertimbangkan
hubungan manajer dengan bawahan dalam dua kelompok dua atau lebih, juga
memeperhatikan hubungan satu dengan satu secara langsung dengan bawahan.
Secara matematik V.A. Graicunas menetapkan rumus matematikan untuk
menghitung jumlah hubungan yang akan dilakukanSumber : Wikipedia
thx
BalasHapus