Sabtu, 19 Februari 2011

Ilmu Budaya Dasar

Nama : Wiwit Eko Aprianto
Kelas : 1KA24
NPM : 18110573
Pokok Bahasan : ISD sebagai salah satu MKDU

Sub Pokok Bahasan : 1.1 Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS

          Mahasiswa dapat Menjelaskan pengertian ISD

Yang dimaksud dengan Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkain oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan. Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga is tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas.

   Mahasiswa dapat mewujudkan tujuan ISD
Tujuan Ilmu Sosial Dasar :
  •   Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  •   Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
  •   Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian.
  •   Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
  •   Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
  •   Merupakan kenyataan sosial dan masalah sosial

    Mahasiswa dapat menyecutkan 3 Kelompok Ilmu pengetahuan.

   Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai Ibu dari Ilmu Pengetahuan maka Ilmu Pengetahuan dibagi menjadi 3 kelompok bagian :

a. Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah),
Meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
b. Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial),
Terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah, Psikologi, Geografi dan lain-lain.
c. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya)
Meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.


Sub Pokok Bahasan : 1.2 ISD dan IPS

      Mahasiswa dapat menjelaskan perbedaan antara ISD dan IPS

     ISD dengan IPS adalah ISD adalah ilmu yang diarahkan pada sebuah bentuk sikap dan kepribadian seseorang, sedangkan IPS adalah ilmu yang diarahkan pada suatu pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual. Atau bias juga dijabarkan seperti berikut :

a. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedangkan Ilmu Pengetahian Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b. Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu mata kuliah tunggal, sedangkan Ilmu Pengetahian Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
c. Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap kepribadian, sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pemgetahuan dan ketrampilan intelektual.

     Mahasiswa dapat menjelaskan persamaan antara ISD dan IPS
Sebenar nya yang dimaksud dengan ISD dan IPS adalah sama-sama mempelajari tentang masalah sosial dan mereka bukan disiplin ilmu yang berdiri dengan sendirinya. Atau sebagai berikut penjabaran nya :
a. Merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
b. Bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
c. Mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.


     Sub Pokok Bahasan : 1.3 Ruang Lingkup ISD

       Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan menjadi 3 golongan yaitu :

a. Konsep-konsep sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
b. Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lain saling berkaitan
c. Kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.

0 komentar:

Posting Komentar

Second Menu

Blogger templates






ShoutMix chat widget


Dapatkan Buku Tamu Seperti Ini di

View

Sikap qonaah atau merasa cukup atas karunia Allah yang sekecil apapun, merupakan tindakan yang terpuji. Tak salahlah bila mereka dicirikan oleh Rasulullah saw sebagai "AHLI SURGA" .

Pages

Eko Obito. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Followers

About Me

Foto Saya
EKO APRIANTO
Lihat profil lengkapku

Popular Posts